Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

1.      PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

 

A.      AKREDITASI

 

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Repeblik Indonesia, berdasarkan Keputusan BAN-PT No.018/BAN/PT/Ak-XIII/SI/IX/2010, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo terakreditasi dengan peringkat AKREDITASI B yang berlaku 5 (lima) tahun,sejak tanggal 17 September 2010 sampai dengan 17 September 2015

 

B.      GELAR LULUSAN

 

Gelar yang diperoleh dari Program Studi ini adalah Sarjana Pendidikan ( S.Pd)

 

C.      VISI

 

Menjadi Program Studi yang tangguh serta diakui dalam menghasilkan lulusan yang bermutu dan bermoral

 

D.     MISI

 

Menjadi Program Studi yang mampu mempersiapkan sumber daya manusia agar dapat berjuang dalam :

 

1.      Mengembangkan dan menghasilkan tenaga pendidikan jasmani dan kesehatan yang profesional,inovatif dan produktif

 

2.      Mewujudkan diri sebagai penghasil sumber daya manusia yang berwawasan sport science dan teknologi

 

3.      Meletakan dasar untuk pembinaan prestasi olahraga

 

4.      Penelitian dan pengkajian, pendidikan serta pengabdian pada masyarakat melalui bidang pendidikan jasmani dan kesehatan

 

E.      TUJUAN

 

1.      Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan akademik dan kemampuan profesional di bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

 

2.      Mengembangkan ilmu dan teknologi pendidikan yang relevan dengan situasi dan kondisi yang berkembang

 

3.      Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan peran sertanya dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang olahraga

 

4.      Menghasilkan tenaga ahli di bidang olahraga baik itu sebagai pelatih, pembina dan instruktur olahraga.

 

 

 

F.       KOMPETENSI

 

1.      Memiliki kemampuan dan pemahaman tentang kebutuhan dasar pendidikan jasmani dalam masyarakat

 

2.      Memiliki kemampuan dalam penyelenggaraan program-program pendidikan dan pengembangan olahraga dikalangan masyarakat

 

3.      Memiliki kemampuan sikap dan sensitif terhadap aspirasi masyarakat.

 

1.      PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

A.      AKREDITASI

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Repeblik Indonesia, berdasarkan Keputusan BAN-PT No.018/BAN/PT/Ak-XIII/SI/IX/2010, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo terakreditasi dengan peringkat AKREDITASI B yang berlaku 5 (lima) tahun,sejak tanggal 17 September 2010 sampai dengan 17 September 2015

B.      GELAR LULUSAN

Gelar yang diperoleh dari Program Studi ini adalah Sarjana Pendidikan ( S.Pd)

C.      VISI

Menjadi Program Studi yang tangguh serta diakui dalam menghasilkan lulusan yang bermutu dan bermoral

D.     MISI

Menjadi Program Studi yang mampu mempersiapkan sumber daya manusia agar dapat berjuang dalam :

1.      Mengembangkan dan menghasilkan tenaga pendidikan jasmani dan kesehatan yang profesional,inovatif dan produktif

2.      Mewujudkan diri sebagai penghasil sumber daya manusia yang berwawasan sport science dan teknologi

3.      Meletakan dasar untuk pembinaan prestasi olahraga

4.      Penelitian dan pengkajian, pendidikan serta pengabdian pada masyarakat melalui bidang pendidikan jasmani dan kesehatan

E.      TUJUAN

1.      Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan akademik dan kemampuan profesional di bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

2.      Mengembangkan ilmu dan teknologi pendidikan yang relevan dengan situasi dan kondisi yang berkembang

3.      Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan peran sertanya dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang olahraga

4.      Menghasilkan tenaga ahli di bidang olahraga baik itu sebagai pelatih, pembina dan instruktur olahraga.

 

F.       KOMPETENSI

1.      Memiliki kemampuan dan pemahaman tentang kebutuhan dasar pendidikan jasmani dalam masyarakat

2.      Memiliki kemampuan dalam penyelenggaraan program-program pendidikan dan pengembangan olahraga dikalangan masyarakat

3.      Memiliki kemampuan sikap dan sensitif terhadap aspirasi masyarakat.

KURIKULUM

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian ( MPK )  : 14

Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)      : 9

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MKB)                      : 16

Mata Kuliah Keahlian Berkarya ( MPB )                   : 88

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat ( MBB ) : 17

Mata Kuliah Pilihan                                                 : 8

Jumlah : 152

No        Kode Mata Kuliah       Mata Kuliah                                           SKS                  Sem

1          8114-1-01-1-3            Pendidikan Agama                                  3                     I

2          8114-1-02-3-3            Pend. Pancasila & Kewarganegaraan     3                     III

3          8114-1-03-1-2            Bahasa Indonesia                                   2                     I

4          8114-1-04-5-2            Filsafat Ilmu                                            2                     V

5          8114-1-05-2-2            Bahasa Inggris                                       2                     II

6          8114-1-06-1-2            Pend.Seni                                               2                     II

                                               Jumlah SKS                                            14

&n
Penelitian
  • Pegaruh Latihan Plyometric Box Jump Dan Barrier Hops Terhadap Tinggi Raihan Block Pada Permainan Bola Voli (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga FIKK-UNG) oleh Meyke Parengkuan \ detail
  • PEGARUH LATIHAN PLYOMETRIC BOX JUMP DAN BARRIER HOPS TERHADAP TINGGI RAIHAN BLOCK PADA PERMAINAN BOLA VOLI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga FIKK-UNG) oleh Meyke Parengkuan \ detail
  • Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Strategi Bermain Pada Materi Permainan Bola Voli Mahasiswa Pendidikan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo oleh Sarjan Mile \ detail
  • Pengaruh latihan push up terhadap power untuk melakukan pukulan lurus pada cabang olahraga pencak silat atlit PPLP Gorontalo. Pendidikan Jasmani oleh Aisah R Pomatahu \ detail
  • Kemampuan Melakukan Kayang Melalui Latihan Kekuatan Otot Perut Mahasiswa Semester II Jurusan Pendidikan Keolahragaan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo). oleh Ahmad Lamusu \ detail
  • Pengaruh Pelatihan Small Sided Games (3 vs 3) terhadap Kapasitas Aerobik Maksimal Atlet Sepak Bola FIKK UNG oleh RUSLAN \ detail
  • DESKRIPSI PENULISAN KARYA ILMIAH LULUSAN FIIKK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN 2013 oleh Mirdayani Pauweni \ detail
  • Pengaruh Model Pembelajaran dan Tingkat Keterbelajaran Gerak Terhadap Hasil Belajar Senam Ketangkasan Siswa Sekolah Dasar oleh Zulkifli Lamusu \ detail
  • Analisis Hasil Tes Keterampilan Mahasiswa Baru Angkatan 2013 Jurusan Pendidikan Keolahragaan FIKK Universitas Negeri Gorontalo oleh Hariadi Said \ detail
  • Hubungan Fleksibilitas Selangkangan Dengan Kemampuan Service Pada Permainan Sepak Takraw Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo oleh RUSLAN \ detail
Karya Ilmiah
Pengabdian
  • PELATIHAN MASSAGE UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN UNTUK IBU-IBU RUMAH TANGGA TP PKK DESA POLOHUNGO KECAMATAN DULUPI KABUPATEN BOALEMO oleh Risna Podungge \ detail
  • Sosialisasi Pengetrapan Senam Lansia dan Keterampilan Merangkai Bunga (Pelepah Pisang) dalam Pemanfaatan Lingkungan di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta oleh Sarjan Mile \ detail
  • PEMBERDAYAAN KELOMPOK EKONOMI PRODUKTIF, PENATAAN ADMINISTRASI DESA DAN PEMBINAAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT DI DESA MOTIHELUMO KECAMATAN SUMALATA TIMUR KABUPATEN GORONTALO UTARA oleh Ahmad Lamusu \ detail
  • PENYULUHAN KESEHATAN DAN PELATIHAN SENAM KREASI PADA MASYARAKAT DESA KATIALADA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA oleh Aisah R Pomatahu \ detail